Camping Rohani Gabungan OMK St. Paulus, St. Antonio Maria De Claret, Sta. Teresa

omk-gab-19Orang Muda Katolik (OMK) adalah generasi muda yang penuh dinamika dan semangat untuk selalu aktif berkarya di lingkungan, wilayah maupun paroki, serta kehidupan masyarakat tempat kami berhimpun dan tinggal.

Demikian halnya dengan OMK St. Paulus, St. Antonius Maria de Claret, dan Sta. Teresa sebagai generasi lapis ketiga bagian dari keluarga besar Paroki St. Joannes Baptista Parung. Saat ini mereka ingin tumbuh dan berkembang bersama sebagai remaja dan muda-mudi yang aktif dan tetap mendasarkan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sosial bersama masayarakat dan sesamanya. Berhimpun, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan sesama OMK merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan serta menumbuhkan rasa tanggung jawab OMK sebagai generasi muda yang nantinya bertindak sebagai generasi penerus bagi pertumbuhan masing-masing lingkungan, wilayah, maupun paroki tempat mereka tinggal.

omk-gab-28Didasari keinginan menjadi generasi yang bertanggung jawab secara iman, mengisi waktu liburan Tahun Ajaran Baru serta berbekal hal tersebut, OMK St. Paulus bekerja sama dengan OMK Lingkungan St. Antonius Maria De Claret dan Sta. Teresa mengadakan Kegiatan camping rohani di “Kampoeng Awan” Mega Mendung Ciawi pada 8 – 9 Juli 2017 lalu. Kegiatan ini bisa dilaksanakan mengingat usia OMK di kedua lingkungan tersebut relatif sama dengan usia OMK St. Paulus saat ini dan sudah beberapa kali para OMK berkumpul dan bertemu dalam kegiatan gereja di paroki. Dukungan dari para pembina OMK dan pengurus lingkungan masing-masing menjadikan kegiatan perdana camping rohani OMK Gabungan tiga lingkungan ini bisa dilaksanakan dengan baik.

omk-gab-30Ada pun tema camping rohani kali ini yaitu “One for Jesus, One For Us”. Tema ini diambil OMK yang menyadari bahwa OMK walaupun berasal dari latar belakang yang berbeda namun adalah satu keluarga besar yang disatukan oleh Yesus Kristus sebagai dasar iman kami. Tujuan yang ingin dicapai kegiatan ini antara lain adalah menjalin komunikasi, kebersamaan, kekeluargaan antara anggota OMK di lingkungan dan antar lingkungan di Paroki St. Joannes Baptista Parung berdasarkan iman akan Yesus Kristus. Sebagai generasi penerus paroki, komunikasi, kebersamaan dan kekeluargaan adalah salah satu kunci untuk membangun paroki di masa mendatang.

Menurut ketua panitia kali ini, Gabriel Arief dari OMK St. Paulus kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi teman-teman OMK lingkungan lainnya membuat kegiatan positif yang bisa mendukung paroki. Selain itu bisa digunakan untuk belajar berorganisasi dan berkoordinasi di antara teman-teman OMK. Menurutnya, hal menarik yang positif dan baru yang diaplikasikan dalam persiapan acara camping rohani ini bahwa semua dana yang dibutuhkan adalah buah swadaya dan usaha para OMK di masing-masing lingkungan. Usaha swadaya itu antara lain dengan melakukan kegiatan mencuci mobil dan motor umat, menjual makanan ringan kepada umat, ngamen di acara KEP maupun ngamen di acara/ doa lingkungan yang dilakukan secara bertahap.

[Baca juga: APP 2017 Ala OMK Lingkungan St. Paulus]

Kegiatan yang dilaksanakan pada 8-9 Juli 2017 tersebut dikemas oleh mereka sendiri didampingi tim pembina OMK masing-masing lingkungan diikuti oleh sekitar 30 OMK. Kegiatan diisi dengan perkenalan masing-masing anggota OMK, sharing iman dipandu oleh para pembina OMK, renungan malam, api unggun, olah raga jalan pagi, dan beberapa games untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.

Pak Adji sebagai salah satu motor pembina OMK St. Paulus menyatakan bahwa OMK ternyata bisa dan mampu membuat acara dari, oleh, dan untuk mereka jika diberi kesempatan secara bertahap untuk berkumpul dan berkomunikasi secara aktif dan positif. Hal ini perlu dikembangkan terus-menerus secara konsisten dan didukung oleh lingkungan masing-masing karena mereka adalah generasi penerus Paroki St. Joannes Baptista tercinta. Proficiat untuk camping rohani gabungannya.* (B. Andri M./ Lingkungan St. Paulus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*