Ziarah dan Rekoleksi Legio Maria

Agenda Tahunan Legio Maria Komisium Bintang Timur Bogor pada awal Juni 2017 diawali dengan dilaksanakannya ziarek pada Kamis (01/06) yang lalu di tanah Gereja  Paroki St. Andreas Ciluar-Sukaraja-Bogor. Presidium setempat, yaitu Legio Maria Presidium Cermin Kekudusan ditunjuk sebagai panitia pelaksana.

Dari Paroki St. Joannes Baptista, Parung, Legio Maria Presidium Ratu Segala Bangsa diwakili oleh 10 orang legioner yang menghadiri acara. Saking semangatnya mengikuti kegiatan, ketika rombongan dari Parung tiba di lokasi, panitia belum siap.

Tak berapa lama kemudian, registrasi dimulai. Pada hari itu berkumpul sekitar 100 orang legioner dari sembilan Presidium dan satu Kuria. Kegiatan diawali dengan menikmati snack pagi dan dilanjutkan dengan pengarahan dari panitia untuk pelaksanaan Jalan Salib. Presidium Ratu Segala Bangsa mendapat tugas pada pemberhentian X.

Ada yangg menarik pada pemberhentian terakhir dimana di dalam gua tempat Tuhan Yesus dimakamkan betul-betul ada patung Tuhan Yesus yang terbaring. Ada beberapa peserta yang sempat kaget tapi lalu ikut berdoa sebelum akhirnya berkumpul untuk mengikuti rekoleksi.

Rekoleksi dibawakan oleh pastor muda dari paroki setempat, yaitu Pastor RD David Lerebulan. Ada tiga hal yang menjadi pesan Pastor David  kepada para legioner yang hadir. Pertama, Pastor David mengingatkan bahwa Legioner harus membantu tugas Pastor Paroki, misalnya untuk melayani umat yang membutuhkan perhatian.  Kedua, Legioner harus mempunyai daya tarik bagi umat lain sehingga membangkitkan kegiatan devosi di paroki masing-masing. Ketiga, legioner merupakan pasukan yang siap diterjunkan pada tugas yang umat lain mungkin enggan untuk melakukannya, misalnya memandikan jenazah umat yang meninggal. Selain itu masih banyak saran-saran dari pastor untuk menambah semangat Legioner dalam mengabdi pada Tuhan melalui Bunda Maria.

Rangkaian kegiatan ziarah dan rekreasi Legio Maria Komisium Bintang Timur itu pun ditutup dengan perayaan ekaristi. Maria Ave.* (Stefanus Sugiarto/ Legio Maria)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*