Serah Terima Tugas Romo Paroki St. Joannes Baptista, Parung

Foto: Nico/Komsos Parung
Foto: Nico/Komsos Parung

“Romo Gaib hadir pada saat paroki dalam keadaan penuh keprihatinan. Tanpa gentar dihadapinya segala tantangan. Diajaknya seluruh umat untuk bersatu. Dan dengan segenap kerelaan hati, memanggul salib bersama. Setelah hampir delapan tahun berkarya di Paroki St. Joannes Baptista, kini tiba saatnya bagi Romo Gaib untuk melanjutkan perjalanan di paroki lain. Membagikan kasih, pengajaran dan pelayanan agar semakin banyak umat dapat menjadi murid Yesus yang sepenuhnya, yang selalu setia dalam iman dan pelayanan dan mengasihi sesama.”

Beberapa kalimat di atas merupakan penggalan dari narasi yang menyertai video perjalanan Romo Gaib selama hampir delapan tahun berkarya di Paroki St. Joannes Baptista, Parung. Video tersebut diputar usai perayaan ekaristi “Serah Terima Tugas Pastor Paroki” yang berlangsung pada Jumat (22/06) di Gereja Katolik St. Joannes Baptista, Parung.

Foto: Nico/Komsos Parung
Foto: Nico/Komsos Parung

Perayaan ekaristi terasa sangat istimewa karena dipimpin secara konselebrasi oleh Bapa Uskup Mgr. Paskalis Bruno Syukur, RD Albertus Simbul Gaib Pratolo, RD Yustinus Monang, RD. Yustinus Joned Saputra, RD. Albertus Kurniadi, dan RD David Lerubun. Diakon Agustinus Nanang juga turut serta dalam perayaan ekaristi tersebut. Ini merupakan kali pertama perayaan ekaristi di Parung yang dipimpin oleh enam imam sekaligus. Dalam pembukaannya, Bapa Uskup juga mengungkapkan hal istimewa lainnya, yaitu bahwa sepanjang sejarah di Parung, baru kali ini akan ditugaskan dua imam sekaligus untuk melakukan karya pelayanan.

Foto: Nico/Komsos Parung
Foto: Nico/Komsos Parung

Romo Yustinus Monang (Sekretaris Keuskupan) membacakan Surat Keputusan terkait perpindahan tugas RD Simbul Gaib Pratolo ke Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata, Cibubur. Surat Keputusan lain yang dibacakan Romo Monang adalah perpindahan tugas RD. Yustinus Joned Saputra dan RD. Albertus Kurniadi ke Paroki St. Joannes Baptista, Parung. Sebelumnya, kedua romo ini bertugas di Paroki St. Thomas Kelapa Dua, Depok.

Kepada umat Paroki Parung dan Paroki Kelapa Dua, Depok yang hadir dalam perayaan ekaristi tersebut, Bapa Uskup menyatakan kegembiraannya karena semua pastor yang mendapatkan tugas baru menanggapinya dengan siap sedia. Beliau berharap semoga mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak terikat hanya pada satu paroki saja. “Seorang imam ditugaskan untuk menjamin perjanjian antara Tuhan dengan umat-Nya dan juga dengan dirinya sendiri,” pesannya. Beliau juga menambahkan, “Tugas imam adalah mengajak umat untuk mengumpulkan harta surgawi, yaitu kita hidup menurut kehendak Allah.”

Acara Serah Terima Tugas Romo Paroki St. Joannes Baptista Parung tersebut dilanjutkan dengan ramah tamah. Persembahan tari pendet oleh penari cilik, Tata, dan hiburan musik dari Yellow Band menambahkan keakraban dan kemeriahan suasana. Umat Parung dan umat Kelapa Dua pun tak ingin ketinggalan mengabadikan foto bersama Bapa Uskup dan para romo. Selamat berkarya di ladang yang baru, Romo Gaib. Selamat datang dan selamat bertugas di Parung,  Romo Joned dan Romo Adi.* (Agnika/KOMSOS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*