Seminar Membangun Hidup Berkeluarga Katolik

Dok. WKRI St. Joannes Baptista
Dok. WKRI St. Joannes Baptista

Pada Minggu (26/11) yang lalu, Wanita Katolik RI (WKRI) se-Dekanat Tengah Keuskupan Bogor menghadiri Seminar Keluarga dengan tema “Membangun Hidup Berkeluarga Katolik” yang bertempat di Gereja Keluarga Kudus Cibinong. Untuk kegiatan tahun ini, WKRI Cabang Keluarga Kudus Cibinong mendapat giliran menjadi penanggung jawab acara WKRI se-Dekanat Tengah Keuskupan Bogor. Dalam seminar sehari tersebut, WKRI Cabang St. Joannes Baptista Parung mengirimkan 16 peserta yang terdiri dari enam pasutri dan empat anggota WKRI.

Dalam sesi pertama dengan sub tema “Membangun Keluarga Katolik yang Dewasa” yang dibawakan oleh Romo Agustinus Suyatno Pr., dinyatakan bahwa perkawinan Katolik mempunyai tiga keunggulan, yaitu monogami, tidak terceraikan, dan terbuka terhadap kelahiran anak. Beliau juga berpesan bahwa inti dari keluarga bahagia adalah mencintai dengan sepenuh hati dan mengingat janji perkawinan Gereja.

[Baca juga: Konfercab ke-4 WKRI St. Joannes Baptista Parung]

Dok. WKRI St. Joannes Baptista
Dok. WKRI St. Joannes Baptista

Pada sesi kedua yang dibawakan oleh dr. Sonny Y Soeharso SPsi., SE, MM., yang merupakan dosen psikologi Universitas Pancasila dan Penasihat Kepresidenan, sub tema yang disampaikan adalah “Bahtera Rumah Tangga Bahagia”. Beliau menyatakan bahwa membangun hidup berkeluarga merupakan “Never Ending Process/Proses yang Tak Pernah Berakhir”. Beliau juga menyatakan yang harus dilakukan dalam membangun intrapersonal yang berkualitas dalam keluarga adalah sebagai berikut: 1) sabar; 2) selalu bersyukur; 3) selalu mengandalkan Tuhan Yesus; 4) hidup sederhana/tidak ngoyo.

Di sesi yang terakhir, Romo Alfonsus Sutarno Pr., berpesan agar otak kiri dan otak kanan dari masing masing pribadi harus sama-sama bekerja untuk menghindari konflik dalam rumah tangga. Semoga setiap pasangan suami istri semakin saling mencintai, saling menghormati, dan saling mendukung dalam menjalankan bahtera rumah tangga. Tuhan memberkati.* (Wiwied/ WKRI)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*