Sekelumit Cerita dari MisBar Bogor Single Community

Dok. BSC
Dok. BSC

Para single se-Keuskupan Bogor, Bogor Single Community (BSC) kembali bertemu dalam sebuah kegiatan bertema MisBar: Misa Bareng & Nonton Bareng pada Sabtu (25/11) yang lalu. Bertempat di Gedung Puspas Lt. 3 Keuskupan Bogor, kegiatan yang diikuti kurang lebih 40 peserta tersebut berlangsung dengan santai namun berkesan.

Sesuai dengan tema kegiatan, acara tersebut diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh RD. Alfonsus Sutarno Pr., dan dilanjutkan dengan nonton bareng film berjudul “Seeking Soulmate”. Film tersebut mengisahkan bahwa mencari pasangan itu tidak perlu banyak kriteria. Peran orangtua dalam hal jodoh juga disentil dalam film ini supaya hanya berperan membimbing anak dalam menentukan pilihan anak dan bukannya anak yang mengikuti kemauan orangtua.

“Semua usaha kita. Kita kembalikan kepada Tuhan lewat doa dan pengharapan kita agar diberikan yang terbaik untuk kehidupan kita di masa yang akan datang. Restu orangtua juga penting saat akan menikah,” tutur Sisil, salah satu peserta dari Paroki St. Joannes Baptista ketika ditanya tentang pesan yang didapatkan dari film tersebut. “Usaha sudah, tinggal pendekatan pribadi kita dengan Tuhan,” imbuhnya.

Sebuah berita bahagia juga dibagikan kepada para anggota Bogor Single Community dalam kesempatan itu. Pasangan yang dipertemukan pada pertemuan perdana BSC beberapa waktu silam akan melangsungkan pernikahan pada Sabtu (9/12) mendatang.

[Baca juga: Keluarga Baru untuk Kaum Single Keuskupan Bogor]

Rangkaian kegiatan MisBar ditutup dengan diskusi yang dibagi dalam lima kelompok. Salah satu pertanyaan yang didiskusikan adalah sejauh mana penyertaan Tuhan dalam pencarian jodohmu? Atau dengan kata lain, sejauh mana kamu melibatkan Tuhan dalam karya hidupmu? Ada pula kelompok yang mendiskusikan tentang kriteria seperti apa yang akan menjadi pasanganmu?

Salah satu kelompok mendapatkan kesimpulan bahwa sebagai manusia, kita terus berusaha mencari sambil mendekatkan diri dan memohon kepada Tuhan untuk menemukan yang terbaik dengan landasan iman dan keyakinan yang kuat terhadap Tuhan. Tapi bukan berarti kita juga diam saja, tidak mungkin jodoh datang ke rumah sendiri. Perbanyak pelayanan (aktif di kegiatan gereja) dengan begitu pasti banyak teman. Siapa tahu di antara teman-teman itu ada “tulang rusuk” kita.

[Baca juga: Semarak VaSoLaSiDo Bogor Single Community]

Acara santai tersebut memberikan kesan tersendiri bagi peserta. Sisil merasa senang karena memiliki kenalan baru. “Salah satu pesan yang berkesan dari Romo Tarno adalah cintailah orang yang jelas-jelas mencintai kita. Jangan mencintai orang yang kita cinta karena dia belum tentu cinta dengan kita,” pungkas Sisil.

Nantikan kegiatan selanjutnya dari BSC!* (Sisil/BSC & Agnika/ Komsos)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*