Pembekalan Tim Pelaksana Sinode II 2019 Keuskupan Bogor

Foto : Dokumen Umat
Foto : Dokumen Umat

Sabtu pagi (15/12) itu, terlihat pelataran parkir di depan gereja Katedral Bogor sudah dipenuhi oleh mobil-mobil dari para utusan paroki se-Keuskupan Bogor yang datang untuk menghadiri Pembekalan Tim Pelaksana Sinode II 2019 Keuskupan Bogor. Sekitar pukul 08.30 WIB, tim dari Paroki St. Joannes Baptista sampai di lokasi pembekalan, tepatnya di Gedung Aula Pusat Pastoral, tidak jauh dari Gereja Katedral.  Tim Paroki Parung yang berjumlah enam orang ini terdiri dari  tiga orang Dewan Paroki Harian,  dua orang dari Dewan Keuangan Paroki, dan seorang perwakilan dari Orang Muda Katolik, dipimpin langsung oleh Romo Joned sebagai pastor paroki.

Acara dibuka dengan doa, dan peserta
menyanyikan hymne Keuskupan Bogor
disambung dengan sambutan dari Bapak
Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur.

Acara Pembekalan Tim Pelaksana Sinode ini adalah kegiatan awal atau entry point Sinode II tahun 2019 Keuskupan Bogor yang maklumatnya telah dibacakan dan disampaikan di akhir Misa pada (09/12) yang lalu. Diharapkan melalui pembekalan ini para Tim Pelaksana Sinode dan semua pihak yang terkait memiliki kesamaan Semangat, Pemahaman Dasar, dan Tata Kerja dalam menjalankan Sinode 2019 Keuskupan Bogor.

Dalam pertemuan ini juga dijelaskan secara singkat tentang Sinode itu sendiri yang adalah perayaan sukacita perjumpaan umat beriman Keuskupan Bogor yang menyemangati, yang menguatkan dan memperbaharui [menajamkan] inisiatif reksa Pastoral.  Tema besar yang diambil dalam Sinode ini adalah mewujudkan “Sukacita Sebagai Communio yang Injili, Peduli, Cinta Alam, dan Misioner”.

Beberapa narasumber, baik dari awam maupun para imam memberikan materi yang nantinya jadi pokok-pokok penting dalam Sinode. Poin-poin tersebut disampaikan secara singkat, padat, dan berisi. Tanya jawab dan diskusi juga berlangsung dalam pembekalan ini yang nantinya akan lebih mematangkan persiapan pelaksanaan Sinode. Dalam pembekalan ini juga diperkenalkan theme song Sinode II 2019 dan dinyanyikan secara langsung oleh para peserta yang dipimpin oleh tim Romo Habel.

Penyelenggaraan Sinode nantinya akan berlangsung pula di masing-masing paroki se-Keuskupan. Paroki St. Joannes Baptista, Parung mendapatkan kehormatan sebagai paroki tempat Pelaksanaan Pembukaan Sinode II 2019 Keuskupan Bogor, yaitu pada 22 Februari 2019 mendatang.

Marilah kita menyongsong Sinode II 2019 Keuskupan Bogor ini dengan sukacita, doa, dan harapan. Semoga Tuhan memberkati dan menyertai dalam perjalanan bersama Sinode ini.* (Yulius/KOMSOS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*