Keajaiban Natal dalam Keluarga

Pada Minggu, 15 Januari 2017 lalu, Lingkungan St. Paulus Paroki St. Joannes Baptita Parung merayakan Natal lingkungan bertempat di Aula Kompleks Sekolah Marsudirini Bogor. Berbeda dengan perayaan Natal lingkungan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pengurus lingkungan memberikan kesempatan penuh kepada OMK Lingkungan St. Paulus untuk mengemas perayaan Natal lingkungan ini sesuai dengan tema AAP 2016 Keuskupan Bogor yaitu “Orang Muda Katolik Merayakan Natal dalam Keluarga”.

Bentuk dan format acara pun sedikit berbeda mengikuti pola pikir OMK St. Paulus yang sedang tumbuh dan berkembang ini. Pengurus lingkungan menyadari bahwa OMK punya potensi untuk berpartisipasi dalam membangun lingkungan di masa mendatang.

Dengan mengambil Sub Tema “ Keajaiban Natal dalam Keluarga”, acara Natal lingkungan didominasi kegiatan yang lebih banyak melibatkan partisipasi aktif para anggota keluarga dan para OMK di Lingkungan St. Paulus yang terbungkus dalam beberapa rangkaian acara, antara lain dinamika kelompok keluarga, performance tari dan gerak dari anak-anak BIA, akapela OMK dengan lagu “Joy to the World” versi pentatonik, puisi dan menyanyi lagu asli karangan para keluarga, nonton bersama film pendek, ibadat doa dan ditutup dengan foto bersama di photo booth keluarga St. Paulus – OMK.

[Baca Juga : Perayaan Natal Lingkungan Maria de Fatima]

whatsapp-image-2017-01-27-at-10-12-30
Foto : B. Andri M

Ada pun film pendek yang ditampilkan adalah karya dadakan anak-anak OMK St. Paulus dengan judul yang sama dengan Sub Tema Perayaan Natal yang diputar sebelum Ibadat. Filmnya merupakan cuplikan cerita kisah nyata tentang keajaiban Natal yang dialami seorang anggota OMK St. Paulus (Jordan) dalam mengambil keputusan untuk bersekolah di Seminari Menengah Stella Maris Bogor. Dalam film pendek tersebut, diceritakan bagaimana sosok Jordan menanggapi panggilan Allah dan dukungan dari orangtua (Keluarga Pak Budi) serta suka duka yang dialami. Diceritakan juga bahwa semua itu terjadi karena “Allah sungguh baik” dalam memberikan anugerah-Nya lewat “keajaiban-keajaiban” yang terjadi dalam keluarga. Keajaiban dan anugerah Allah akan dapat dirasakan manakala dalam keluarga saling mendukung dan bersepakat memintanya dalam doa. Film pendek tersebut mengajak para keluarga untuk memahami dan menanggapi anugerah Allah yang ajaib dalam kehidupan sehari-hari.

Persembahan tarian anak-anak
Foto : B. Andri M.

Dalam uraian singkatnya, Pak Michael Boli menyampaikan bahwa peristiwa kelahiran Yesus di kandang domba dari Perawan Maria adalah salah satu bentuk keajaiban dan rahmat Allah yang mencintai manusia yang harus kita syukuri. Pak Agustinus Winardi yang diminta untuk menyampaikan resensi atas film pendek tersebut mengatakan bahwa keajaiban Allah bisa dirasakan oleh semua keluarga di Lingkungan St. Paulus dalam bentuk yang berbeda-beda. Semua umat diajak untuk saling mendukung dalam iman menanggapi keajaiban tersebut. OMK sebagai generasi muda yang berpotensi diharapkan berperan aktif sebagai penggerak kegiatan lingkungan dan paroki di masa mendatang.

Acara Natal lingkungan ditutup dengan doa syukur dilanjutkan dengan sesi foto bersama di photo booth bagi semua keluarga yang hadir dan OMK serta makan siang bersama. Pak Tyas sebagai wakil DPP yang turut hadir dalam acara ini mengapresiasi acara Natal lingkungan yang dirancang oleh OMK dan berharap agar OMK Lingkungan St. Paulus dapat mengembangkan talenta dan potensi yang ada untuk kemajuan lingkungan, wilayah, dan Paroki St. Joannes Baptista di masa mendatang karena OMK adalah generasi penerus gereja.

Proficiat dan Selamat Natal. Tuhan Memberkati. Amin.* (B.Andri M./ Lingkungan St. Paulus)

[Baca Juga : Perayaan Natal Wilayah II]

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*