Kaum Muda Mengolah Bumi

Dok. OMK AMC
Dok. OMK St. Teresa & AMC

Bumi mempunyai hukum dan caranya sendiri dalam menunjukkan dirinya sebagai ciptaan Allah. Bunga mekar dan dengan demikian ia memuji dan memuliakan Allah. Bumi berputar dan menumbuhkan segala jenis tumbuhan. Dengan cara inilah ia menunjukkan sebagai ciptaan Allah. Dengan berbagai cara, Bumi telah memberikan banyak manfaat. Oleh karena itu, sudah selayaknya Bumi perlu diberi “kelegaan”, diberi istirahat, diberi perhentian (bdk. Kel 20: 8-11; Im 25: 1-7).

Perutusan manusia adalah bersinergi dan hidup dalam keselarasan sebagai sebuah kesatuan dengan alam. Manusia adalah mikrokosmis, Bumi adalah makrokosmis. Pertanyaan permenungannya adalah bagaimana manusia bisa menjadi saudari bagi Bumi. Bumi tidak bisa dikuasai manusia. Justru manusia akan tunduk pada kekuatan Bumi. Maka di sini, manusia dan Bumi bukan ingin saling adu kekuatan, tetapi hidup bersama sebagai saudara.

Dok. OMK St. Teresa & AMC
Dok. OMK St. Teresa & AMC

Terkait tema Aksi Adven Pembangunan (AAP) 2017 Keuskupan Bogor yaitu “Bumi Menjadi Berkat bagi Semua Orang”, kami selaku OMK Lingkungan St. Teresa dan OMK Lingkungan St. Antonius Maria Claret mengisi AAP dengan kegiatan sederhana, yaitu renungan AAP dan aksi nyata. Kegiatan dibagi menjadi tiga kelompok umat sesuai dengan tiga jenis kelompok tanaman, yaitu kelompok tanaman hias yang berkaitan dengan subtema pertemuan I (Mengolah Bumi Secara Bijaksana), kelompok tanaman obat keluarga yang berkaitan dengan subtema pertemuan II (Mensyukuri Pemberian Bumi), dan kelompok tanaman konsumsi yang juga ada kaitannya dengan subtema pertemuan III (Berbagi Berkat Bumi). Ketiga tema tersebut kemudian disatukan dengan aksi nyata guna mengakrabkan, seperti Bumi dan manusia yang hidup bersama sebagai saudara. Kami pun sebagai kaum muda di lingkungan turut mengajak OMK paroki dan perwakilan OMK lingkungan lain untuk bergabung dalam kegiatan yang kami adakan.

Dok. OMK St. Teresa & AMC
Dok. OMK St. Teresa & AMC

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (9/12) pukul 15.00 sampai 18.00 tersebut bertempat di empang lele milik Bapak Yohanes Tri Prayitno di Perumahan Koperasi, Pasir Putih, Sawangan. Kegiatan diawali dengan renungan AAP, aksi nyata, dan dilanjutkan dengan pengumpulan kolekte untuk tanggap bencana Yogyakarta. Bantuan tersebut diserahkan kepada perwakilan dari OMK Dekanat Tengah Keuskupan Bogor. Beberapa OMK, BIA, dan umat lingkungan yang hadir sangat antusias dan bersemangat karena ini adalah pengalaman baru dalam kegiatan bersama.

Seusai kegiatan renungan AAP dan aksi nyata menanam tanaman bersama, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Kemudian setiap kelompok menyampaikan hasil dari sharing sesuai sub tema dari masing-masing kelompok. Pertemuan AAP ditutup dengan Doa Angelus serta sesi foto bersama. Marilah sebagai Orang Muda Katolik kita menyadari dan mensyukuri pemberian berkat Bumi yang begitu berlimpah di Ibu Pertiwi ini. Semoga kegiatan OMK ini dapat menginspirasi kaum muda lainnya. Tuhan Memberkati.* (E.M.S/ Lingkungan St. Teresa & St. AMC)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*