APP Lingkungan St. Paulus: Mencintai Alam dan Air ala BIA St. Paulus

Foto : Dokumentasi Umat
Foto : Dokumentasi Umat

Hidup Kristiani yang berkualitas tidak bisa diciptakan dalam waktu singkat dan perlu suatu proses bertahap dan kesadaran bersama.  Setelah tahun lalu OMK Lingkungan St. Paulus membuat kompos organik dan melakukan penanaman pohon pada lahan kosong dalam mengisi kegiatan APP, kali ini BIA Lingkungan St. Paulus diajak mulai ikut serta mengisi kegiatan APP 2019 dengan aksi nyata sesuai dengan Tema APP 2019 Keuskupan Bogor “Air yang Berkualitas Cermin Hidup Kristiani yang Berkualitas”.

Aksi nyata anak-anak BIA ini dimulai dengan belajar mencintai air, tanah, dan tanaman di sekitarnya dengan melakukan kegiatan belajar menanam pohon stroberi. Acara diselenggarakan pada pertemuan APP ke-3. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran, rasa cinta, dan peduli akan tanah, air, tanaman, dan lingkungan yang merupakan anugerah Tuhan, serta sebagai satu kesatuan ekosistem yang harus dijaga keseimbangan secara terus-menerus agar dapat memberikan manfaat baik bagi manusia.

“Perlu proses dan kemauan yang tinggi untuk senantiasa membimbing dan menumbuhkan kesadaran ini sejak dini dan harus kita mulai dari

Foto : Dokumentasi Umat
Foto : Dokumentasi Umat

anak-anak agar mereka menjadi generasi baik yang cinta akan air, tanah, tanaman serta lingkungannya. Jika hal ini sudah tertanam sejak dini, maka mereka akan menjadi generasi yang saling berkualitas, peduli dengan sesama yang merupakan salah satu ciri khas umat Kristiani, yaitu saling mengasihi juga sesuai dengan Ensiklik Laudato Si 24 Mei 2015 Artikel 207 Paus Fransiskus perihal Piagam Bumi dimana kita diajak untuk membangikkan semangat penghormatan baru untuk kehidupan untuk mencapai (hidup) yang berkelanjutan, dengan percepatan untuk keadilan dan perdamaian serta perayaan hidup yang penuh sukacita,” demikian ungkap Pak Michael Boli selaku ketua Lingkungan St.Paulus. Diharapkan kegiatan ini bisa diadakan secara bertahap dan berkesinambungan dalam rangka mendukung tema yang dikeluarkan oleh Keuskupan Bogor.

Aksi nyata ini disambut antusias anak-anak BIA usia 3-10 tahun beserta para orangtua yang mendampingi selama kegiatan berlangsung. Sekitar 60 anak BIA yang hadir dan hampir setengahnya ikut terlibat langsung dalam kegiatan menanam pohon stroberi. Pengurus BIA membagi tugas anak-anak menjadi beberapa bagian, ada yang memasukkan benih pohon stroberi ke pot, mengisi tanah dalam pot, menyiram benih dengan air, serta menyediakan airnya. Sisanya ikut memberi semangat teman-teman mereka yang sedang menanam pohon dan mengairinya.

Kegiatan ini ditutup dengan latihan pentas seni BIA anak yang akan ditampilkan pada saat Perayaan Paskah Bersama di tingkat paroki sebagai bentuk ungkapan syukur dan apresiasi BIA akan Bumi, air, tanaman, dan segala isinya sebagai Anugerah Allah yang harus dijaga keberadaannya untuk generasi selanjutnya.

Semoga kegiatan awal menumbuhkan semangat cinta tanah, air, tanaman pada diri anak-anak ini bisa menginspirasi kegiatan lain yang berkelanjutan. Amin.* (B. Andri. M/Lingkungan St. Paulus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*